15 Februari 2010

Presentasi Beasiswa Erasmus Mundus di ITB - 27 Januari 2010
Beasiswa
ErasmusMundus
Program Erasmus Mundus adalah sebuah program kerjasama dan mobilitas dalam bidang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan ilmu di dunia. Program Erasmus Mundus dapat dilihat pada situs berikut ini:
http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/programme/about_erasmus_mundus_en.php Brosur ini hanya mengulas skema Beasiswa Magister Erasmus Mundus untuk tingkat Pasca Sarjana / S-2
APA itu Beasiswa Erasmus Mundus?
Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun.
Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus.
SIAPA yang dapat turut serta?
Mahasiswa/i:
§ Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa;
§ Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
§ Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan selama lima tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
§ Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1.
§ Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus (lihat bagian tentang “BAGAIMANA cara mengajukan permohonan?”).
Akademisi:
§ Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa;
§ Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
§ Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan selama lima tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
§ Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik;
§ Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melakukan penelitian.
APA yang dimaksud dengan “warga negara dari negara-negara di luar Uni Eropa”?
“Warga negara dari negara-negara di luar Uni Eropa” adalah warga negara yang berasal dari semua negara selain dari:
§ 27 Negara Anggota Uni Eropa (Belgia, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Yunani, Spanyol, Perancis, Irlandia, Italia, Siprus, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Hungaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Slovenia, Slovakia, Finlandia, Swedia, Kerajaan Inggris, Rumania dan Bulgaria);
§ Negara-negara EEA-EFTA (Islandia, Liechtenstein dan Norwegia);
§ Negara-negara kandidat anggota Uni Eropa (saat ini Kroasia dan Turki).
APA yang dimaksud dengan Program Magister Erasmus Mundus?
APA saja nilai tambahnya?
§ Program-program Magister Erasmus Mundus merupakan program-program studi yang terpadu pada tingkat magister (tidak diperuntukkan bagi tingkat S1 dan S3) yang ditawarkan oleh Konsorsium Magister Erasmus Mundus;
§ Mahasiswa/i akan menjalani masa kuliah di sekurang-kurangnya dua dari tiga lembaga pendidikan yang ikut serta dalam program ini yang terletak di dua negara Eropa yang berbeda.
§ Program-program Magister Erasmus Mundus akan menghasilkan pemberian gelar kesarjanaan ganda atau bersama;
§ Sebuah Program Magister Erasmus Mundus terdiri atas 60 sampai dengan 120 kredit European Credit Transfer System (ECTS) pada tingkat magister yang memerlukan jangka waktu pendidikan selama satu atau dua tahun akademik;
§ Program-program Magister Erasmus Mundus mencakup berbagai macam disiplin ilmu: ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu komunikasi dan informasi, pendidikan dan pengajaran, teknik dan teknologi, humaniora, hukum, dll.
APA yang dimaksud dengan Konsorsium Magister Erasmus Mundus?
Konsorsium Magister Mundus Masters adalah suatu kelompok yang terdiri atas sekurang-kurangnya tiga lembaga pendidikan tinggi dari tiga negara Eropa yang berbeda yang telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan Program Magister Erasmus Mundus.
BERAPA cakupan bantuan Beasiswa?
Beasiswa untuk mahasiswa/i diberikan selama jangka waktu Program Magister, dengan jangka waktu maksimum dua tahun. Beasiswa berjumlah 24.000 per mahasiswa/i untuk program pendidikan satu tahun (biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, dll) atau 48.000 per mahasiswa/i untuk jangka waktu dua tahun.
Tunjangan untuk para akademisi akan diberikan untuk periode tiga bulan, yaitu sebesar 14.800 per orang (akomodasi, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, dll.).
Beasiswa dibayarkan langsung kepada para penerima beasiswa melalui Konsorsium.
BAGAIMANA cara mengajukan permohonan?
Pengajuan permohonan untuk mengikuti Program Magister Erasmus Mundus dan mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus harus disampaikan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang menawarkan program tertentu yang diminati. Surat permohonan tidak dapat diajukan ke Komisi Eropa.
Persyaratan khusus dan kriteria penerimaan (misalnya: hasil studi, kemampuan bahasa, dll) ditentukan oleh masing-masing konsorsium. Persyaratan yang ditentukan antara satu konsorsium dengan konsorsium lainnya dapat saja berbeda.
Saat ini, terdapat 116 Program Magister Erasmus Mundus yang dapat dilihat pada:
http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php atau dapat pula dicari melalui Google Search dengan cara mengetik: "Erasmus Mundus List". Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya, akan ada program-program Magister baru tambahan.
PANDUAN RINGKAS untuk mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus dan Beasiswa Erasmus Mundus:
1) Akses http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php untuk melihat daftar Program-program Magister yang tersedia saat ini;
2) Pilih Program Magister Erasmus Mundus yang diminati dan klik situsnya untuk mendapatkan rincian tentang penjelasan tentang program, persyaratannya, proses pengajuan permohonan, formulir-formulir dan tenggat waktu.
KAPAN batas waktu pengajuan permohonan?
Batas waktu pengajuan permohonan untuk masing-masing Program Magister berbeda dan ditentukan oleh Konsorsium. Batas waktu dapat berkisar dari awal bulan Desember hingga akhir bulan Januari. Silakan klik situs masing-masing Program Magister untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Tahun akademis Program Magister Erasmus Mundus biasanya dimulai antara bulan Agustus dan November.
BAGAIMANA proses seleksi dilaksanakan?
Konsorsium Magister Erasmus Mundus akan menyeleksi mahasiswa/i dan akademisi
yang mengajukan permohonan berdasarkan atas Daftar Riwayat Hidup, prestasi studi
dan akademik, motivasi, rekomendasi, kemampuan bahasa, dll
ê
Konsorsium mengusulkan daftar pemohon yang lulus seleksi ke
Kantor Pusat Komisi Eropa di Brussels untuk mendapatkan persetujuan terakhir
ê
Komisi Eropa memberikan persetujuan atas seleksi tersebut dan memberikan hibah
ê
Konsorsium akan menyampaikan kepada para pemohon diterima atau tidaknya mereka dalam program pendidikan dan diberi atau tidaknya beasiswa (pemberitahuan tentang hasil penerimaan program pendidikan biasanya pada bulan Mei)
APA beasiswa Erasmus Mundus dapat berlaku untuk program magister lainnya?
Beasiswa Erasmus Mundus secara eksklusif ditujukan untuk Program-program Magister Erasmus Mundus. Dengan kata lain, beasiswa tersebut tidak berlaku untuk mahasiswa/i dan akademisi yang telah diterima oleh program magister lainnya di Eropa.
Akan tetapi, tidak semua mahasiswa/i yang mengikuti Program Magister Erasmus Mundus akan menerima Beasiswa Erasmus Mundus. Masing-masing anggota dari Konsorsium Magister Erasmus Mundus menentukan mahasiswa/i mana yang akan menerima beasiswa.
DI MANA saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut?
Sebelum menghubungi Komisi Eropa, Anda sangat dianjurkan untuk membaca daftar tanya-jawab (FAQ) yang terdapat pada situs berikut ini:
Untuk mendapatkan informasi yang tidak tersedia di situs tersebut di atas, silakan menghubungi: Delegation-Indonesia-Erasmus-Mundus@ec.europa.eu
Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan para Alumni Erasmus Mundus melalui: http://emundus.wordpress.com
Beasiswa S-3 / Program Doktor - Erasmus Mundus Joint Doctorate (EMJD) Programme
Mulai tahun akademis 2010, Uni Eropa juga memberikan beasiswa untuk tingkat S-3 atau Doktor. Daftar jenis-jenis program S-3 yang tersedia dapat dilihat pada situs:
http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_joint_doctorates_en.php atau dapat pula dicari melalui Google Search dengan cara mengetik: "EMJD Erasmus Mundus"
Beasiswa S-3 / Marie Curie
Informasi mengenai peluang beasiswa S-3 Marie Curie bisa diperoleh di:
DELEGASI UNI EROPA
UNTUK INDONESIA DAN BRUNEI DARUSSALAM
Intiland Tower,Lantai 16
Jl Jend Sudirman 32, Jakarta 10220 Indonesia
Tel (+62 21) 2554 6200, Fax (+62 21) 2554 6201
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!