5 Mei 2011

Inggris adalah salah satu negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya yang tergabung dalam United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Saat ini Inggris menjadi salah tempat belajar di benua Eropa. Banyak kampus-kampus yang bermunculan, dan terkenal di Inggris diantaranya Cambridge University, Oxford University, dan London School of Economics and Political Science.

Saat ini terdapat sekitar 100 universitas di Inggris. Sejumlah besar universitas tersebut dimiliki oleh pemerintah. Di Inggris, ada dua istilah yang dikenal terkait universitas yakni old university dan new university.

Old university adalah perguruan tinggi yang sejak awal berdirinya sudah berpredikat sebagai universitas.
Sementara itu, new university adalah college atau politeknik yang berubah nama menjadi universitas di era tahun 1980-an. Selain itu, terdapat banyak college pemerintah dan swasta yang menyediakan program pendidikan praktis dan kejuruan.

Untuk alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia yang yang ingin melanjutkan studi S-1 ke universitas di Inggris umumnya diharuskan untuk mengikuti kelas persiapan selama satu tahun atau program "A' Level selama 1,5 sampai 2 tahun.
Berikut kisaran biaya kuliah di Inggris per tahun (dalam mata uang poundsterling):

Uang kuliah: 4.500 - 15.000

Akomodasi dan makan: 5.000 - 8.000

Uang saku: 2.500 sampai 3.000

Buku: 500 - 1.000

Sumber Kompas.com
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!