10 Mei 2011

Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang di Indonesia kembali membuka kesempatan beasiswa Monbukagakusho bagi siswa-siswi lulusan SMA Indonesia untuk tahun akademik 2012.

Beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang itu ditawarkan untuk menempuh studi jenjang D-2, D-3, dan S-1.

Para pelamar bisa mengambil formulir pendaftaran di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan, serta Kantor Konsuler Jepang di Makassar mulai 9 Mei.

Adapun syarat untuk meraih beasiswa ini anatara lain:
- Usia pelamar diutamakan harus lahir antara tanggal 2 April 1990 dan 1 April 1995,
- Memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0 untuk program D-2 dan D-3. Serta untuk program S-1 nilai minimalnya adalah 8,4.

Bagi pelamar di luar wilayah kantor Kedutaan Besar atau Konsulat Jepang tetap bisa mendaftar. Bagi yang berminat, dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada: Kedutaan Besar Jepang di Jl MH Thamrin 24, Jakarta Pusat, 10350, atau Konsulat di Surabaya, Medan, dan Makassar.

Di dalam surat harus dicantumkan nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, program pilihan (D-2< D-3< atau S-1), tiga bidang studi yang ingin dipelajari, serta lampiran fotokopi rapor, ijazah, serta nilai ijazah.
Pelamar yang lolos syarat administrasi akan dipanggil untuk mengikuti sesi wawancara.

Pengembalian formulir pendaftaran diterima paling lambat 10 Juni 2011. Pelamar yang lolos akan belajar bahasa Jepang selama enam bulan.

Untuk informasi lebih lanjut, pelamar bisa menghubungi Kedutaan Besar Jepang Bagian Pendidikan di 021-3192-4308 Ext 175, 176.
Atau langsung membuka laman webnya di http://www.id.emb-japan.go.jp.


Sumber: Kompas.com
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!