23 Oktober 2011


International Centre for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS) adalah pusat studi antar-universitas, antar-bangsa tentang Aceh dan kawasan seputar Samudra Hindia yang merupakan wujud kerjasama antara tiga universitas di Aceh (Universitas Syiah Kuala, IAIN Ar-raniry, Universitas Malikussaleh), Pemerintah Aceh, Kementrian Ristek Indonesia, dan beberapa lembaga akademik/ilmuan internasional. ICAIOS didirikan dalam situasi pasca-tsunami dan pasca-konflik untuk menguatkan pembangunan sektor ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu-ilmu sosial, budaya, politik, ekonomi dan kajian antar-bidang ilmu di Aceh.

Guna melaksanakan peran-peran utamanya, ICAIOS telah membentuk berbagai program penelitian, salah satunya adalah program Economic Development and Peace in Aceh (Pembangunan Ekonomi dan Perdamaian di Aceh) yang bertujuan untuk memberikan training kepada calon peneliti/peneliti muda agar mereka mampu melakukan penelitian dan mampu memberikan saran kebijakan kepada pemerintah terkait pembangunan ekonomi yang sensitif perdamaian di Aceh. Training ini akan menyediakan informasi penting tentang konflik, perdamaian, pembangunan dan pengembangan ekonomi. Informasi-informasi dari hasil penelitian tersebut akan berguna untuk memperkuat kapasitas pengambil kebijakan di Aceh dalam menentukan kebijakan dan melaksanakan strategi pembangunan dan investasi yang lebih berkelanjutan.

Pelatihan peneliti dan penelitian ”Pembangunan Ekonomi dan Perdamaian” ini terdiri dari pelatihan penelitian dan hibah penelitian. Pelatihan terdiri dari in class training selama 9 hari dan field training selama 4 hari berikutnya. Selanjutnya peserta training dapat mengikuti seleksi hibah penelitian untuk penelitian di bawah bimbingan pakar nasional dan internasional selama 6-8 bulan.

In class training akan memberikan informasi seputar teori dan praktek dalam kajian konflik, perdamaian, perempuan, dan pembangunan ekonomi serta metodelogi riset. Field work akan memberikan pelatihan dan observasi terhadap beberapa contoh kasus di Aceh. Kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini hanya untuk 18 peserta. Pada akhir program training, peserta dapat mengajukan proposal penelitian untuk didanai lewat program ini. Tiga proposal terbaik akan diberikan grant penelitian selama 6 bulan. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kepada pengambil kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga perdamaian di Aceh saat ini dapat meningkat ke arah damai positif dengan pembangunan dan ekonomi Aceh menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Untuk tujuan itu, ICAIOS akan memberikan kesempatan kepada bapak/ibu/saudara/i yang berminat untuk mengikuti training peneliti dan penelitian ini. Kententuan dan persyaratan peserta berlaku sebagai berikut:

1. Diutamakan untuk yang telah menyelesaikan pendidikan S1 atau S2. Peserta dari berbagai disiplin ilmu dipersilahkan melamar, namun prioritas diberikan kepada calon peserta yang mempunyai latar belakang (pendidikan formal dan non-formal) di bidang Ilmu Ekonomi, Sosial, dan Politik seperti Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Agama, Politik, Konflik dan Perdamaian, Komunikasi, Pemerintahan, Kebijakan Publik, dan bidang terkait lainnya. Peserta dengan pendidikan S3 dapat dipertimbangkan berdasarkan berkas aplikasinya.

2. Pelamar menyerahkan dokumen sebagai berikut:

- CV (curriculum vitae) terbaru.

- Motivation letter yang menjawab pertanyaan seputar alasan keikutasertaan Anda, mamfaat training dan penelitian ini untuk Anda, untuk lembaga tempat Anda bekerja dan untuk Aceh dan Indonesia pada umumnya. Jika bidang ilmu Anda tidak langsung berkaitan dengan tema pelatihan ini, Anda juga perlu menerangkan mengapa Anda tetap berkeinginan untuk menjadi calon peserta.

- Surat pengantar dari pimpinan lembaga untuk calon peserta yang sudah bekerja.

3. Pendaftaran dibuka sejak pengumuman ini dikeluarkan dan ditutup pada tanggal 1 November 2011.

4. Sebagian atau seluruh calon peserta akan diinterview untuk keperluan seleksi. Interview calon peserta akan dilakukan pada tanggal 2 - 3 November 2011.

5. Untuk calon peserta yang berasal dari luar Banda Aceh dan Aceh Besar yang memenuhi syarat interview dapat dilakukan melalui telepon.

6. Calon peserta yang terpilih akan diberitahukan melalui email dan atau telpon pada tanggal 4 November 2011.


7. Calon peneliti dan peneliti muda perempuan sangat dianjurkan untuk melamar. Minimal 30% peserta akan dipilih dari kalangan perempuan.

8. ICAIOS menanggung biaya transportasi dan penginapan untuk peserta dari luar Banda Aceh.

9. Kandidat yang terpilih wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan di Banda Aceh dan di lokasi kelas lapangan yang akan ditentukan kemudian.

10. Peserta dari kantor pemerintah, universitas, dan lembaga lainnya yang memiliki ikatan kerja, wajib menyerahkan surat Izin Meninggakan Tugas atau sejenisnya dari pimpinan selama pelatihan berlangsung (surat dapat disusulkan setelah dinyatakan lulus seleksi)

Lamaran dikirim melalui email info@acehreseacrh.org atau diantar langsung ke kantor ICAIOS di Komplek PLPSIB Unsyiah Jl. T. Nyak Arief, Kampus Darussalam, Banda Aceh 23111.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!