13 Februari 2012

Katholieke Universiteit Leuven (K.U. Leuven), Belgia, kembali membuka kesempatan kepada para pelajar asal Indonesia untuk menuntut ilmu di negara tersebut. Sekedar gambaran K.U. Leuven merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar, tertua, dengan peringkat tertinggi di Eropa.

Saat ini terdapat sekitar 6.000 peneliti yang berasal dari 120 negara yang berpartisipasi dalam riset-riset K.U. Leuven. dan tercatat 43  mahasiswa asal Indonesia yang tengah menuntut ilmu di sana sesuai data dari K.U. Leuven per 16 Agustus 2011. Sebagai perbandingan, ada 496 mahasiswa asal Tiongkok dan 307 mahasiswa asal India. Sementara itu, dari 5.530 orang mahasiswa internasional di K.U. Leuven pada 1 Februari 2011, 2.748 di antaranya berasal dari negara-negara Uni Eropa.

Dengan sistem pembiayaan bersama pemerintah bagi pendidikan tinggi di wilayah Flanders, tuition fees bagi pelajar non-Belgia untuk program S1 dan program Master hanya 578,70 Euro (sekitar Rp 6,8 juta) per tahun ajaran. Biaya ini seperti yang dikenakan terhadap pelajar dari Belgia. Adapun, tuition fees bagi pelajar program Advanced Master atau Specialized Master berkisar dari 1000 Euro (sekitar Rp 11,9 juta) hingga 8000 Euro (sekitar Rp 95,2 juta) per tahun ajaran.


Program pilihan yang dinilai cocok untuk para pelajar Indonesia antara lain adalah Nanoscience, Chemical Engineering, Molecular Biology, Water Resources Engineering, dan Food Technology. 

Para kandidat bisa mendapatkan Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di K.U. Leuven dengan beberapa metode diantaranya melalui skema Erasmus Mundus dan  dan Flemish Interuniversity Council for Development Co-operation (VLIR-UOS). Program-program yang ditawarkan melalui skema Erasmus Mundus antara lain adalah Erasmus Mundus Master in Sustainable Territorial Development MSc in Nanoscience and Nanotechnology, MSc in Chemical Engineering, MSc in Engineering: Energy dan Erasmus Mundus Master of Theoretical Chemistry and Computational Modelling. 
   
Terakhir untuk program-program internasional  yang ditawarkan melalui skema VLIR-UOS antara lain adalah MSc in Molecular Biolog, MSc in WaterResources, Engineering  dan MSc in Food Technology.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs web K.U Leuven, www.kuleuven.be

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!