9 September 2012

Pertamina Foundation, salah satu lembaga sosial dibawah Pertamina (Persero), kembali membuka pendaftaran bagi 205 penerima beasiswa Sobat Bumi mulai 1 Oktober 2012. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa berprestasi sekaligus berwawasan dan berbudaya lingkungan di 17 perguruan tinggi negeri.

Berikut adalah 17 perguruan tinggi negeri yang menjadi sasaran Beasiswa Sobat Bumi adalah Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Sumatera Utara), Universitas Sriwijaya (Sumatera Selatan), Universitas Indonesia (Jakarta), Institut Teknologi Bandung (Jawa Barat), Universitas Padjajaran (Jawa Barat), Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Jawa Tengah), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Jawa Timur), Universitas Brawijaya (Jawa Timur), Universitas Airlangga (Jawa Timur), Universitas Udayana (Bali), Universitas Mulawarman (Kalimantan Timur), Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan), Universitas Mataram (Nusa Tenggara Barat), dan Universitas Cendrawasih (Papua).


Seleksi penerimaan beasiswa Sobat Bumi dilakukan melalui tahapan seleksi administrasi, di antaranya seleksi nilai melalui dokumen transkip nilai dengan IPK minimal 3 pada skala 4 di semester keempat. Kemudian, menyertakan biodata serta keterangan berbadan sehat. Calon peserta juga akan menjalani proses wawancara dari panelis yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, Pertamina (Persero), dan Pertamina Foundation.

Penerima Beasiswa Sobat Bumi akan mendapatkan fasilitas diantaranya biaya pendidikan, yang meliputi biaya operasional pendidikan (SPP), biaya hidup, serta pembinaan kepemimpinan. Rerata masing-masing mahasiswa akan mendapatkan beasiswa sekitar Rp 12,3 juta setahun.

Salah satu keunggulan dari beasiswa Sobat Bumi ini adalah mahasiswa mendapatkan dukungan dana untuk proyek kelompok yang diajukan oleh organisasi penerima beasiswa dengan nominal ratusan juta per tahun. Mahasiswa juga akan mendapatkan dukungan tugas akhir yang terseleksi. Selain itu, para penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk menjadi relawan di Pertamina Foundation.

Info lebih lanjut tentang program beasiswa ini dapat dilihat di portal Beasiswa Sobat Bumi.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!