14 September 2013

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 171 Tahun 2013 tanggal 21 Agustus 2013 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) Tahun Anggaran 2013, Kementerian PAN-RB membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan Kualifikasi, Pendidikan dan Jabatan pada lampiran pengumuman ini.

I.    PERSYARATAN UMUM
1.    Warga Negara Indonesia;
2.    Bertakwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa;
3.    Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
4.    Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/Polri;
5.    Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
6.    Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
7.    Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
8.    Memenuhi persyaratan jenjang pendidikan dan jurusan/program studi yang sesuai dengan kebutuhan;
9.    Berkelakuan Baik;
10.    Berbadan Sehat.
       
II.    PERSYARATAN KHUSUS
1.    Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling kurang 3.00 untuk S-2, 2.75 untuk S1 dan D-III, rata-rata nilai pada ijazah paling kurang 7.00 untuk SMK.
2.    Usia :
    a.    S-1 dan S-2    :    paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013.
    b.    D-III    :    paling tinggi 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2013.
    c.    SMK    :    paling tinggi 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2013.
3.    Nilai hasil Test of English as a Foreign Language (TOEFL) bagi pelamar Sarjana S-1 dan S2 paling kurang 450, dan dikeluarkan oleh lembaga bahasa yang kredibel.
4.    Berasal dari program studi Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan Akreditasi minimal B, program studi sesuai dengan syarat jabatan yang dibutuhkan, dan bukan berasal dari program studi pendidikan.
5.    Lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan surat pengesahan ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).
6.    Formasi dengan kode jabatan 5202 dikhususkan untuk putra/putri asli PAPUA.
7.    Formasi dengan kode jabatan 5303 dikhususkan untuk pelamar difabilitas Tuna Daksa.



NO NAMA
JABATAN
KODE PENDIDIKAN GOLONGAN
RUANG
ALOKASI
FORMASI
UNIT KERJA
PENEMPATAN
KETERANGAN
1Analis Integritas SDM Aparatur1001S-1
Ilmu Hukum
III/a1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
2Analis Perencanaan SDM Aparatur1002S-1
Sistem Informasi/Manajemen Informatika /Teknik Informatika/Teknik Komputer
III/a1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia AparaturDiutamakan Menguasai Sistem Informasi Geografis
3Analis Kebijakan Perencanaan SDM Aparatur1003S-2
Kebijakan Publik
III/b1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
4Analis Pengadaan SDM Aparatur1004S-1
Psikologi
III/a1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
5Analis Pengadaan SDM Aparatur1005S-1
Manajemen/Administrasi Negara
III/a1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
6Analis Kebijakan Kompetensi SDM Aparatur1006S-2
Manajemen SDM
III/b1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
7Analis Kebijakan Kesejahteraan SDM Aparatur1007S-2
Manajemen SDM
III/b1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
8Analis Kesejahteraan SDM Aparatur1008S-1
Statistik
III/a1Kedeputian Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
9Analis Penyusunan dan Evaluasi Program RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan2001S-1
Akuntansi
III/a2Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
10Analis Perumusan Program RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan2002S-1
Manajemen
III/a1Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
11Analis Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Aparatur2003S-1
Ilmu Hukum/Administrasi Negara
III/a1Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
12Analis Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi RB dan Akuntabilitas Aparatur I2004S-1
Ilmu Hukum
III/a1Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
13Analis Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi RB dan Akuntabilitas Aparatur II2005S-1
Ilmu Komputer/Manajemen Informatika /Sistem Informasi
III/a1Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
14Analis Sistem Evaluasi PAN dan RB2006S-1
Ilmu Komputer/Manajemen Informatika /Sistem Informasi
III/a2Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
15Analis Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi RB dan Akuntabilitas Aparatur III2007S-1
Administrasi Negara
III/a2Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur, dan Pengawasan
16Analis Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana3001S-2
Ilmu Administrasi/Kebijakan Publik/Hukum/Manajemen
III/b2Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
17Analis Evaluasi Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana3002S-2
Ilmu Administrasi/Kebijakan Publik/Hukum/Manajemen
III/b1Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
18Analis Kebijakan Perumusan e-Government3003S-2
Ilmu Komputer/Sistem Komputer/Sistem Informasi/Teknik Informatika/Manajemen Informatika
III/b1Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
19Analis Penyusunan Program Kelembagaan dan Tata Laskana3004S-1
Akuntansi
III/a1Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
20Analis Asesmen Kelembagaan3005S-1
Ilmu Administrasi/Manajemen/Ilmu Pemerintahan
III/a3Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
21Analis Perumusan Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana3006S-1
Ilmu Hukum
III/a1Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
22Analis Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan3007S-1
Ilmu Hukum
III/a1Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
23Analis Kebijakan Standardisasi Pelayanan4001S-2
Ilmu Hukum
III/b1Kedeputian Bidang Pelayanan Publik
24Analis Kebijakan Pelayanan Bidang Hukum dan Keamanan4002S-2
Ilmu Komputer/Manajemen Informatika /Sistem Informasi
III/b1Kedeputian Bidang Pelayanan Publik
25Analis Pelayanan Bidang Kesejahteraan Sosial4003S-1
Bahasa/Sastra Inggris
III/a1Kedeputian Bidang Pelayanan Publik
26Analis Pelayanan Bidang Perekonomian4004S-1
Ilmu Komunikasi
III/a1Kedeputian Bidang Pelayanan Publik
27Analis Pelayanan Pemerintahan Umum4005S-1
Akuntansi
III/a1Kedeputian Bidang Pelayanan Publik
28Operator Komputer5101D-III
Teknik Informatika/Manajemen Informatika /Sistem Informasi/Teknik Komputer
II/c5Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
29Operator Komputer5102SMK
Multimedia
II/a1Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
30Verifikator Keuangan5103D-III
Akuntansi
II/c1Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
31Penata Laporan Keuangan5104S-1
Akuntansi
III/a1Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
32Teknisi Mesin5105SMK
Mesin
II/a1Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
33Teknisi Listrik5106SMK
Listrik
II/a1Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
34Analis Kepegawaian5107S-1
Manajemen
III/a1Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
35Perencana5201S-1
Akuntansi/Administrasi Negara/Ilmu Pemerintahan
III/a1Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja
36Perencana5202S-1
Akuntansi
III/a1Biro Perencanaan dan Manajemen KinerjaKhusus untuk putra/putri PAPUA
37Penyusun Bahan Kerjasama5203S-1
Hubungan Internasional
III/a1Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja
38Perancang Perundang-Undangan5301S-1
Ilmu Hukum
III/a1Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik
39Pranata Komputer5302S-1
Ilmu Komputer/Sistem Informasi /Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika
III/a1Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi PublikDiutamakan menguasai PHP, VB.net, MySQL, Framework, Database
40Pranata Komputer5303S-1
Ilmu Komputer/Sistem Informasi /Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika
III/a1Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi PublikKhusus penyandang cacat TUNA DAKSA,
Diutamakan memahami dan menguasai dasar-dasar pemrograman komputer
41Pranata Humas5304S-1
Ilmu Komunikasi/Jurnalistik/Publisistik
III/a1Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi PublikDiutamakan mampu menggunakan kamera dan video recorder, Mampu menggunakan foto dan video software editor
42Operator Komputer6101D-III
Manajemen Informatika/Sistem Informasi /Teknik Informatika/Teknik Komputer/Sistem Komputer
II/c1Inspektorat
43Auditor6102S-1
Ilmu Hukum
III/a1Inspektorat

JUMLAH

53


III.    TATA CARA PELAMARAN DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI
1.    Pendaftaran pelamar dibuka mulai tanggal 6 s.d. 20 September 2013 dengan cara mengisi Formulir Pendaftaran secara online melalui alamat situs: http://cpns.menpan.go.id/.
2.    Surat lamaran dikirim melalui pos dengan mencantumkan kode jabatan dan jabatan yang dipilih pada pojok kiri atas amplop lamaran, ditujukan kepada :

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
up. Sekretaris Kementerian PAN dan RB
selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB Tahun 2013

PO BOX 1092 JKP 10010

3.    Surat lamaran diterima oleh Tim Pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB paling lambat tanggal 23 September 2013, setelah tanggal tersebut dinyatakan gugur.
4.    Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam (tidak boleh diketik), dengan melampirkan berkas/dokumen sebagai berikut:
    a.    Hasil cetakan (print-out) Formulir Pendaftaran online yang telah ditandatangani;
    b.    Salinan Ijazah dan Salinan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, Surat keterangan lulus / Ijazah sementara tidak berlaku;
    c.    Salinan Ijazah dan Salinan Transkrip D-III yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang untuk pelamar lulusan S1 lanjutan dari program D-III;   
    d.    Surat Keterangan Akreditasi untuk yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazah;
    e.    Surat Pernyataan bersedia membayar ganti rugi yang dibuat sesuai contoh yang bisa diunduh pada situs http://cpns.menpan.go.id/;   
    f.    Surat pernyataan bersedia tidak hamil selama menjadi CPNS Kementerian PAN dan RB bagi peserta wanita yang dibuat sesuai contoh yang bisa diunduh pada pada situs http://cpns.menpan.go.id/;
    g.    Pas photo berwarna terbaru ukuran 3 X 4 cm sebanyak 4 lembar;
    h.    Salinan sertifikat hasil tes TOEFL untuk jabatan yang mensyaratkan TOEFL;
    i.    Salinan Identitas Diri (KTP).   
5.    Tim Pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB Tahun 2013 akan memanggil pelamar lolos seleksi administrasi untuk mengikuti tes tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
6.    Tim Pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB Tahun 2013 berhak menggugurkan peserta apabila data yang diisikan pada formulir online tidak sama atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan serta tidak mengirimkan berkas lamaran sesuai yang ditentukan pada romawi III angka 4.
7.    Pelamar yang dinyatakan lulus sampai seleksi tahap akhir, namun formasi jabatan yang dipilih sudah penuh dapat dipindahkan oleh Tim Pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB Tahun 2013 ke formasi jabatan yang masih tersedia dengan kualifikasi jabatan yang setara dan syarat pendidikan yang sama.
8.    Rincian tugas untuk masing-masing jabatan dapat dilihat di situs http://cpns.menpan.go.id/
9.    Pelamar tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak/oknum yang menjanjikan dapat membantu untuk diterima menjadi Calon PNS Kementerian PAN dan RB dengan atau tanpa meminta imbalan dalam bentuk apapun, segera menghubungi Panitia melalui kontak yang tertera pada situs http://cpns.menpan.go.id/, dan bukan menjadi tanggung jawab Tim Pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB Tahun 2013.
10.    Keputusan Tim tidak dapat diganggu gugat.
       
IV.    MATERI, JADWAL TES DAN LAIN-LAIN
1.    Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 25 September 2013 paling lambat pukul 23.00 WIB melalui situs http://cpns.menpan.go.id/ dan sekaligus mendapatkan Surat Pengambilan Tanda Peserta Ujian melalui menu unduh dokumen di alamat situs tersebut.
2.    Pelamar yang lolos seleksi administrasi wajib datang ke Kantor Kementerian PAN dan RB Jl. Jenderal Sudirman Kav.69, Jakarta Selatan pada hari Jumat sampai dengan Sabtu tanggal 27 - 28 September 2013 pukul 09.00 s/d 15.00 WIB untuk mengambil Tanda Peserta Ujian CPNS Kementerian PAN dan RB dengan menunjukkan KTP asli dan membawa hasil cetakan (print out) Surat Pengambilan Tanda Peserta Ujian yang sudah diunduh.
3.    Materi Ujian tertulis terdiri dari :
    a.    Tes Kompetensi Dasar (Tes Wawasan Kebangsaaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi).
    b.    Tes Kompetensi Bidang (Tes Substansi sesuai dengan pendidikan pelamar dan jabatan yang dilamar).
4.    Tes tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2013 pukul 08.00 s/d selesai yang berlokasi di Kementerian PAN dan RB : Jl. Jenderal Sudirman Kav.69 Jakarta.
5.    Peserta yang tidak hadir untuk mengikuti tes sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan alasan apapun, dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB Tahun 2013.
6.    Pelamar yang dinyatakan lulus dalam tes tertulis akan diikutsertakan dalam seleksi tahap berikutnya sesuai jadwal di situs pengadaan CPNS Kementerian PAN dan RB.
7.    Pengumuman akhir bagi pelamar yang diterima akan diumumkan melalui situs http://cpns.menpan.go.id



0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!