28 September 2013

Taiwan, yang dikenal dengan nama FORMOSA (berasal dari bahasa portugis: Formosa, “pulau yang indah”) adalah pulau yang berada di Asia Timur di samudera pasifik barat dan terletak di lepas pantai tenggara Cina dengan ibukotanya adalah Taipei.
Saat ini Taiwan memiliki 162 intitusi pendidikan tinggi dengan berbagai konsentrasi d bidang penelitian akademik, pengajaran dan pendidikan teknik. Masyarakat Taiwan terkenal dengan keramahannya yang tulus. Univeritasnya yang aman dan kaya akan budaya sangat kuat dalam penelitian dan berkomitemen dalam kualitas pengajaran. Kualitas-kualitas ini membuat Taiwan menjadi tempat yang hebat untuk meraih pendidikan tinggi.

Ada beberapa program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Taiwan setiap tahunnya. Mana tahu Anda akan terpikat untuk belajar di negeri FORMOSA. Selamat mencoba.

a. Beasiswa Kementerian Pendidikan (beasiswa MOE)
- Beasiswa Huayu Enrichment (HES)
Program beasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan pertukaran antara Republik Cina (Taiwan) dan beberapa Negara yang ditentukan oleh MOE dengan mendorong mahasiswa asing belajar Mandarin di Taiwan dan memperoleh pengertian mendalam tentang pembangunan budaya dan social Taiwan. 
Kandidat yang beruntung akan mendapatkan bantuan keuangan berupa biaya hidup bulanan NTD 25.000 (sekitar US $800). Program beasiswa ini memiliki beberapa jenis durasi yaitu dua bulan (program musim panas), tiga bulan, enam bulan, embilan bulan dan dua belas bulan.

- Beasiswa MOE Taiwan
Tujuan dari program beasiswa MOE Taiwan untuk mendorong mahasiswa berprestasi untuk meraih gelar akademik di Taiwan dan memperdalam pemahaman mereka mengenai lingkungan akademis Taiwan. Sehingga hal ini akan berdampak dalam peningkatan pertukaran dan pembagunan persahabatan antara Taiwan dan negara-negara dari para peserta.
Kandidat yang beruntung akan mendapatkan bantuan keuangan berupa biaya sekolah dan beberapa biaya lain. Biaya hidup bulanan sebesar NTD 15.000 (sekitar US $500) untuk mahasiswa program sarjana dan NTD 20.000 (sekitar US $666) untuk mahasiswa pasca sarjana.
Program beasiswa ini memiliki beberapa jenis durasi yaitu program sarjana: maksimal 4 tahun. Program master: maksimal dua tahun. Program Doktor: maksimal empat tahun. Durasi maksimal untuk kombinasi dari berbagai program dengan beasiswa ini adalah lima tahun.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat dilaman resmi website Kementerian Pendidikan Taiwan.

b. Beasiswa Kementerian Urusan Luar Negeri (beasiswa MOFA)
Program beasiswa ini bertujuan untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan. Beberapa program yang ditawarkan antara lain:
- Program Non Gelar Pengayaan Bahasa Mandarin (LEP). Penerima beasiswa ini diperbolehkan mengambil LEP maksimal satu tahun pada salah satu institusi pengajaran Mandarin yang berafiliasi dengan Universitas yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan.
- Program Bergelar. Penerima beasiswa ini diperbolehkan mendaftar untuk masuk ke program sarjana, master atau Ph.D jurusan unggulan apa saja, termasuk program in-service.
Periode beasiswa: LEP Non-gelar durasi satu tahun. Program sarjana berdurasi maksimal 4 tahun, program master maksimal 2 tahun dan program doktor selama empat tahun
Penerima beasiswa ini akan diberikan biaya hidup bulanan sebesar NTD 25.000 (sekitar US $800) untuk LEP dan NTD 30.000 (sekitar US $1.000) untuk program-program bergelar. Penerima bertanggung jawab untuk seluruh pengeluaran selama tinggal di Taiwan.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat dilaman resmi website Kementerian Luar Negeri Taiwan

c. Beasiswa Kementerian Urusan Ekonomi (Beasiwa MOEA)
Penerima beasiswa ini berasal dari berbagai negara selain negara yang ditentukan dalam beasiswa MOFA. Program ini khusus untuk mahasiswa program pasca sarjana. Besarnya beasiswa ini adalah NTD 30.000 perbulan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada laman resmi website Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan.

d. Beasiswa Badan Penelitian Nasional (Beasiswa NSC)
Penerima beasiswa ini berasal dari berbagai negara selain negara yang ditentukan dalam beasiswa MOFA. Program ini ditujukan untuk bidang sains dan teknologi (beberapa diantaranya: fisika, kimia, matematika, teknik, kedokteran dan pertanian). Beasarnya beasiswa yang akan diterima oleh penerima adalah NTD 30.000 per bulan.



0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!