Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk bergabung bersama Kementerian Keuangan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2013 yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai berikut:
I. UNIT ESELON I YANG MEMBUTUHKAN PEGAWAI BARU:
1. Sekretariat Jenderal;
2. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;
3. Direktorat Jenderal Anggaran;
4. Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
5. Direktorat Jenderal Pajak;
6. Inspektorat Jenderal;
7. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;
8. Badan Kebijakan Fiskal.
9. Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
10.Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.
II. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN NAMA JABATAN
NO.
|
TINGKAT PENDIDIKAN
|
KODE PROGRAM STUDI (KP)
|
PROGRAM STUDI (PS)
|
NAMA JABATAN
|
JUMLAH FORMASI**
|
1
|
Sarjana
(S-I) |
01
|
Akuntansi
|
Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/
Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Aset Negara
|
591
|
02
|
Ilmu
Ekonomi/ Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/ Ekonomi Pembangunan/Ilmu Ekonomi
Pembangunan
|
Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/ Analis
Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Fiskal
|
53
|
||
03
|
Ilmu
Hukum
|
Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/
Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Aset Negara/ Analis Fiskal
|
429
|
||
04
|
Manajemen
|
Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/
Analis Pajak/ Analis Aset Negara/ Analis Fiskal
|
121
|
||
05
|
Statistik/Statistika
|
Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/
Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai
|
69
|
||
06
|
Sistem
Informasi/Sistem Informatika
|
Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai
|
60
|
||
07
|
Teknik
Informatika/Teknologi Informasi
|
Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis
Aset Negara/ Analis Fiskal
|
57
|
||
2
|
Diploma Pelayaran
(D-III)
|
08
|
Pelayaran
(Nautika)*
|
Mualim
|
10
|
09
|
Pelayaran
(Teknika)*
|
Juru Motor
|
10
|
||
3
|
Diploma Umum
(D-III) |
10
|
Akuntansi/
Keuangan dan Perbankan/ Perpajakan/ Manajemen Perpajakan
|
Verifikator Pajak
|
1.000
|
11
|
Teknik
Informatika
|
Verifikator Pajak/ Verifikator Bea dan Cukai
|
172
|
||
12
|
Manajemen
Informatika/ Teknik Komputer
|
Verifikator Bea dan Cukai
|
27
|
||
13
|
Kimia/
Analis Kimia/ Analisis Kimia/ Kimia Analisis/ Kimia Analis
|
Analis Laboratorium
|
20
|
||
14
|
Farmasi/Analis
Farmasi
|
Analis Laboratorium
|
10
|
||
4
|
SMK Pelayaran
|
15
|
SMK
Pelayaran/SPM Nautika
|
Juru Mudi
|
40
|
16
|
SMK
Pelayaran/SPM Teknika
|
Juru Minyak
|
40
|
||
5
|
SMK Umum
|
17
|
Teknik Mesin (Teknik Permesinan)/Teknik Perkapalan (Kelistrikan Kapal/ Konstruksi Kapal
Kayu/Kapal Fiberglass/Kapal Baja)/ Teknik Telekomunikasi (Teknik Transmisi Telekomunikasi)
|
Kelasi Kapal
|
80
|
18
|
Teknik
Mesin / Teknik Elektronika
|
Operator X-Ray
|
100
|
||
19
|
Kimia/
Kimia Industri
|
Analis Laboratorium
|
10
|
||
20
|
Farmasi/Farmasi
Industri
|
Analis Laboratorium
|
10
|
||
Jumlah
|
2.909
|
Catatan:
** 1 Formasi Penata Laporan Keuangan dan 1 Formasi Analisis Fiskal khusus untuk putra/putri Papua
III. PERSYARATAN PENDAFTARAN
Warga Negara Indonesia;
- Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
- Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap,
karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota
TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh
pemerintah;
- Pelamar merupakan lulusan:
1. Sarjana (untuk Kode KP 01 sampai dengan KP 07) dengan IPK Minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan
hasil pembulatan) dari skala 4;
2. Diploma Pelayaran (untuk Kode KP 08 dan KP 09) dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil
pembulatan) dari skala 4;
3. Diploma Umum (untuk Kode KP 10 sampai dengan KP 14) dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan
hasil pembulatan) dari skala 4;
4. SMK Pelayaran (untuk Kode KP 15 dan KP 16) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50
(enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
5. SMK Umum (untuk Kode KP 17 sampai dengan KP 20) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari
7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2013:
- Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk kode KP 01 sampai dengan KP 07 (Sarjana S-1);
- Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun untuk kode KP 08 dan KP 09 (Diploma Pelayaran);
- Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk kode KP 10 sampai dengan KP 14 (Diploma Umum);
- Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 15 dan KP 16 (SMK Pelayaran), bagi yang memiliki sertifikat
ANT/ATT-IV dapat mendaftar dengan usia maksimal 30 tahun;
- Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk Kode KP 17 sampai dengan KP 20 (SMK Umum).
- Khusus Kode KP 08 wajib memiliki Sertifikat ANT-III dan Kode KP 09 wajib memiliki Sertifikat ATT-III;
- Khusus Kode KP 08, KP 09, KP 15 sampai dengan KP 18 memiliki persyaratan tambahan sebagai berikut:
1. Laki-laki;
2. Memiliki tinggi badan minimal 155 cm;
3. Tidak buta warna dan tidak cacat badan.
IV. TATA CARA PENDAFTARAN
Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id mulai tanggal 6 September 2013 sampai dengan tanggal 20 September 2013;
Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas:
1. File hasil scan ijazah berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
2. File hasil scan transkrip nilai berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
3. File hasil scan Sertifikat ANT/ATT III (KP 08 dan 09) / ANT/ATT IV (KP 15 dan 16 dengan usia diatas 26 s.d. 30 tahun) berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
Asli Ijazah, Asli Transkrip, dan Asli Sertifikat ANT/ATT wajib dibawa saat Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU);
Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.
V. SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN
Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
1.Seleksi Administrasi;
2.Tes Kemampuan Dasar (TKD);
3.Psikotes Lanjutan;
4.Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara (Wawancara hanya untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan Sarjana (S-1)).
Tes akan dilaksanakan pada kota:
1. Banda Aceh; 6 Yogyakarta; 11. Balikpapan;
2. Medan; 7. Surabaya; 12. Makassar;
3. Padang; 8. Denpasar; 13. Manado;
4. Palembang; 9. Pontianak; 14. Kupang;
5. Jakarta; 10. Banjarmasin; 15. Jayapura;
Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 25 September 2013 melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id serta Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah;
Informasi lebih lanjut mengenai Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id.
0 komentar:
Posting Komentar
Tanggapan Anda